Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana Di Lingkungan Sekolah

NUR LAELY 09 Desember 2022 11:01:59 WIB

FPRB Kalurahan Srihardono melakukan kegiatan Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana Di Lingkungan Sekolah,acara Sosialisasi tersebut dilaksankan di SD Muhammadiyah Kalinampu II Kalurahan Seloharjo, Pundong,Bantul,dalam acara Sosialisasi tersebut dimulai pukul 08.30 wib dan dihadiri oleh Bpk dan Ibu Guru SD Muhammadiyah Kalinampu II,Siswa dan Siswi Sd Muhammadiyah Kalinampu II dan juga dihadiri oleh Babinsa Kalurahan Srihardono.Dalam acara sosialisasi tersebut disebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari apabila terjadi bencana pada saat masih di lingkungan sekolah,contohnya apabila terjadi bencana gempa murid - murid sebisa mungkin menghindar dari adanya benda - benda yang dapat mengakibatkan resiko dan juga salah satumya dapat bersembunyi di bawah kolong meja apabila terjadi bencana gempa bumi.

Dalam acara Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana Di lingkungan Sekolah juga di jelaskan bahwa agar tidak panik pada saat terjadi bencana alam dan juga menghidar dari benda - benda besar.Adanya sosisalisasi Bencana Alam di sekolah supaya anak - anak dan bapak ibu guru mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan pada saat terjadinya bencana alam.

Salah satu anggota FPRB memberikan penjelasan tentang bencana alam yang sangat akrab di lingkungan sekitar, seperti banjir, gempa kecil, dan tidak lupa menjelaskan tentang bencana alam seperti tsunami. Selain itu, disampaikan pula upaya-upaya yang dapat dilakukan ketika bencana alam seperti gempa di sekolah, maka siswa dapat melakukan upaya penyelamatan dengan beberapa cara.

Jangan panik, berlindungan di bawah meja, berada di sudut ruangan dan melindungi kepala. Selain penyelamatan dari bencana, siswa diajak melakukan simulasi ketika mendapatkan salah satu teman yang sedang pingsan.

Siswa dibimbing bagaimana cara mengangkat teman yang sedang pingsan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan semua siswa tampak antusias memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh anggota FPRB

Komentar atas Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana Di Lingkungan Sekolah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License