Kondisi Umum Desa

31 Januari 2017 19:19:07 WIB

Kondisi Umum Desa

           Desa srihardono terletak di wilayah kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Srihardono memiliki luas 687 Ha dengan orbitasi koordinat bujur 110.3507 dan koordinat lintang -7.953138. Ketinggian tanah 25 meter dari permukaan laut. Suhu udara rata-rata 28 derajat celcius. Jarak dari pusat kecamatan Pundong 0,5 km. Desa Srihardono terdiri dari 17 Pedukuhan dan 103 RT.

           Sebelah utara berbatasan dengan Desa Patalan, sebelah timur dengan desa Sriharjo, sebelah selatan dengan Desa Seloharjo dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Mulyodadi. Desa Srihardono terletak di pertemuan dua suangai besar, suangai opak dan sungai oyo. Sepanjang aliran sungai diikuti deretan perbukitan dari Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro. di sebelah barat desa dilalui juga oleh sungai winongo. Aliran sungai-sungai tersebut mengalir ke Samudra Hindi. Debit air sungai cukup melimpah untuk mengairi lahan pertanian di wilayah Desa Srihardono. Jadi tidak heran jika masyarakat di Desa Srihardono bermata pencaharian di sektor pertanian.

           Kondisi topografi desa Srihardono sendiri berupa dataran rendah. Dari segi geologi wilayah Desa Srihardono secara umum merupakan morfologi berupa dataran yang terdiri dari dataran banjir dan endapan sungai. Pembentukan morfologi di wilayah Desa Srihardono dipengaruhi oleh aktifitas sungai opak dan sungai oyo pada ribuan tahun yang lalu.

 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License