Profil Desa

Administrator 21 Agustus 2019 15:36:10 WIB

              Desa Srihardono terletak di wilayah Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas wilayah desa Srihardono 687Ha . Berada di ketinggian 25 Mt dari permukaan Laut. Dengan jumlah penduduk mencapai 13.513 jiwa pada tahun 2018. Desa Srihardono terdiri dari 17 Pedukuhan yaitu pedukuhan Candi, sawahan, Monggang, Tangkil, Pundong, Gulon, Jonggrangan, Pranti, Potrobayan, Paten, Tulung, Klisat, Nangsri, Seyegan, Ganjuran, Baran, Piring. Jumlah RT dari 17 pedukuhan tersebut ada 103 RT.

              Desa Srihardono memiliki lahan pertanian yang potensial seluas 370Ha. Disebelah timur Desa dilalui sungai Oyo dan di sebelah barat Desa dilalui sungai Winongo. Dengan aliran-aliran sungai tersebut membuat debit air sungai cukup melimpah intuk mengairi lahan pertanian.  Dengan potensi tersebut mayoritas penduduknya bermata pencaharian di sektor pertanian. Selain bermata pencaharian di sektor pertanian masyarakat Desa Srihardono bermata pencaharian sebagai pedagang dan wiraswasta. Hal ini di dukung adanya pasar Pundong yang menjadi salah satu pusat perekonomian warga Srihardono.

               Desa Srihardono sendiri merupakan daerah pusat kuliner di wilayah kecamatan Pundong dengan produk andalan mie des dan mie pentil. Jika berkunjung di Desa Srihardono akan banyak dijumpai warung-warung atau rumah makan yang menjajakan aneka olahan mie des. Kelompok usaha mie des sendiri di Desa Srihardono ada dua kelompok usaha, yaitu SRI OCA dan SRI LOKA.omset produksi mie des dan mie pentil setiap harinya mencapai 30-50 kg. Mie des dan mie pentil di Desa Srihardono juga sudah bervariasi. Yang dulunya hanya mie des dan mie pentil biasa, sekarang sudah memiliki inovasi berupa mie des kering dengan aneka bumbu masakan, mie des dengan varian buah dan mie pentil dengan berbagai macam olahan. Hal ini yang menjadikan kuliner mie des semakin digemari.

               Selain dikenal dengan kulinernya, Desa Srihardono dikenal dengan obyek wisatanya. Antara lain yaitu monumen gempa dan sirkuit offroad yang terletak di Dusun Potrobayan dan juga obyek wisata bumi perkemahan SRI OPAK yang terletak di Dusun Nagsri. Yang mana masing-masing dari obyek wisata tersebut menawarkan hal-hal yang menarik. Mulai dari keindahan view nya dan juga dari fasilitas-fasilitas yang ada di setiap obyek wisata. Seperti contoh adanya spot selfi, zona outbond, flying fox, gazebo, pendopo pertemuan, lahan perkemahan dan lahan offroad yang luas dan lain sebagainya.

               Desa Srihardono juga merupakan desa yang masih kental dengan nilai-nilai seni budaya. Kesenian yang ada di desa Srihardono antara lain kesenian gejug lesung, srandul, ketoprak, wayang orang, reog, hadroh dan sholawatan. Dan masing-masing kesenian tersebut tergabung dalam kelompok kesenian. Adapun budaya yang masih di lestarikan oleh masyarakat Desa Srihardono sampai saat ini adalah budaya merti dusun, bersih desa dan keduri yang biasanya dilakukan pada saat musim panen dan pada saat peringatan hari-hari besar islam dalam hitungan kalender jawa.

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License