Sosialisasi Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2022

LILIK SETYOWATI 20 Desember 2022 19:52:46 WIB

Pemerintah Kabupaten Bantul Dinas Kebudayaan ( Kundha Kabudayan ) mengundang Lurah Kalurahan Srihardono untuk menghadiri acara yang akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2022 Jam : 09.00 WIB - Selesai bertempat di Aula Kalurahan Srihardono,Pundong,Bantul.Dalam acara Sosialisasi Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2022.

Bahwa dalam rangka Sub Kegiatan Nominasi Warisan Budaya Nasional dan Dunia Tahun 2022,Dinas Kebudayaan ( Kundha Kabudayan ) bermaksud mengajukan permohonan untuk Sosialisasi Warisan Budaya Tak Benda Di Aula Kalurahan Srihardono,Pundong,Bantul.

Adapun Peserta yang diundang dalam acara tersebut kurang lebih sebanyak 60 orang.Yakni dari Kalurahan Srihardono,KapanewonPundong,Pleret,Sewon,Imogiri,Piyungan,Bambanglipuro,Pandak,Banguntapan,Srandakan,Bantul,Kasihan dan Kapanewon Pajangan ( 11 Kapanewon ) yang memiliki Warisan Budaya Tak Benda.Contoh Warisan Budaya Tak Benda seperti : Geplak,Mie Lethek Sanden,Miedes,abangan,Lemper.Yang merupakan identitas budaya suatu tempat.

Susunan acara meliputi :

  1. Registrasi Jam 09.00- 09.30 WIB
  2. Pembukaan Jam 09.30 -09.45 WIB dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya kemudian sambutan oleh Kepala Dinas Kebudayaan ( Bidang warisan Budaya ) oleh Risman Supardi,M.Pd.
  3. Pemaparan narasumber Jam 09.45-11.15 WIB dengan materi pertama tentang kebijakan perlindungan warisan budaya tak benda oleh Ernawati Purwaningsih,S.Si.,M.Sc dari balai pelestarian kebudayaan wilayah X.kedua tentang peningkatan mutu kualitas pangan oleh Dr.Manikharda,S.T.P.,M.Agr. dari Akademi Fakultas Teknologi Pertanian UGM,sedangkan yang ke tiga tentang Riset atas warisan budaya tak benda oleh Nurlina Maharani,S.Ant,M.a. dari peneliti dan penulis lepas & Alumni Pascasarjana Ilmu Antropologi UGM.
  4. Sesi tanya jawab Jam 11.15- 11.45 oleh Moderator Wildan arief Widyatama
  5. Penutup Jam 12.00 WIB oleh Ibu Khozimatul Luthfiah

Inti dari adanya sosialisasi warisan budaya tak benda adalah mengajak elemen stack holder ditingkat bawah untuk terus membina,menjaga,memanfaatkan,melestarikan dan mengembangkan warisan budaya tak benda supaya kita memiliki ketahanan budaya yang kuat.

Komentar atas Sosialisasi Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License