Pelatihan Standar Pelayanan Prosedur Kedaruratan Bencana Gempa Yang Inklusif Disabilitas

Administrator 28 Februari 2024 09:33:29 WIB

Rabu 28 Februari 2024 Pemerintah Kalurahan Srihardono telah melaksanakan pelatihan standar pelayanan prosedur kedaruratan bencana gempa yang insklusif disabilitas bekerja sama dengan yayasan Ciqal. Hadir dalam acara ini Lurah Srihardono, Ketua yayasan Ciqal,semua anggota FPRB, Pengurus forum disabilitas Kalurahan Srihardono, dan Bapak Heri selaku nara sumber.

SOP Evakuasi Dan Penyelamatan Penyandang Disabilitas. Merupakan SOP yang memberikan pelindungan khusus bagi penyandang disabilitas pada saat terjadi bencana.  

Sebelumnya, penanganan bagi penyandang disabilitas selama ini di serahkan pada keluarga yang memiliki anggota dengan disabilitas. Misalnya pada saat gempa bumi terjadi, penyandang disabilitas mengungsi mandiri bersama dengan keluarga. Kemudian pada saat berada di barak pengungsian, maka keluarga itu sendiri yang juga harus bertanggung jawab. Ketersediaan rumah tinggal sementara juga masih belum akseibel penyandang disabilitas. Tempat pengungsian dengan fasilitasnya belum memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas. Pada saat itu, pemerintah Desa hanya mampu memberikan instruksi pada tetangga, apabila ada bencana diminta untuk juga membantu evakuasi  penyandang disabilitas untuk mengungsi ke pengungsian.

Sementara itu tim tanggap bencana, belum mengetahui apa yang harus dilakukan untuk penyandang disabilitas ketika terjadi bencana.

Untuk itu diperlukan adanya Standard Operasional Prosedur (SOP) terkait apa yang harus dilakukan dalam memfasilitasi korban penyandang disabilitas ketika terjadi bencana. SOP ini kemudian disusun dalam sebuah workshop oleh CIQAL bersama dengan Pemerintah Kalurahan Srihardono dan tim tanggap darurat, serta melibatkan penyandang disabilitas.

 

Komentar atas Pelatihan Standar Pelayanan Prosedur Kedaruratan Bencana Gempa Yang Inklusif Disabilitas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License