Pengajian Jumat Pagi Demi Meraih Berkah Ramadhan

zie 22 Maret 2024 09:23:47 WIB

Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah kembali memeluk umat muslim di tahun 2024. Berkah tersebut senantiasa disambut oleh umatnya dengan semangat suka cita. Ramadhan merupakan kesempatan untuk memperdalam hubungan spiritual dengan Yang Maha Kuasa, menjalin silaturami dengan sesama serta kesempatan untuk memperbaiki pribadi. Pengamalan kebaikan ajaran islam akan lebih bermakna bila dilakukan bersama-sama berupa kegiatan Pengajian.

Dilingkungan Kapanewon Pundong, memiliki tradisi diadakannya Pengajian Ramadhan Jum`at Pagi sebagai upaya memperdalam ilmu islami. Pada Jum`at 22 Maret 2024 menjadi hari diselenggarakannya kembali pengajian rutin yang bertempat di Kalurahan Panjangrejo. Pengajian dihadiri oleh Lurah dan segenap Pamong Kalurahan Srihardono bersama dengan ASN, TNI, Polri, Guru, Dinas Instansi, serta Dukuh se-kapanewon Pundong. Kebersamaan yang tercipta terasa istimewa baik dari awal jamaah berkumpu pada 7:30 WIB, bersama-sama membuka pengajian, suasana tenang saat mendengarkan khutbah dan pesan kebaikan hingga akhir acara.

Beberapa pesan yang telah disampaikan dari tausyiah seperti berikut:

  1. Bulan Ramadhan merupakan bulan untuk meningkatkan kualitas mutu ibadah, terutama sholat dengan menjalankan sunatnya (Ba'diyah magrib, Ba'diyah isa, , Qobliyah subuh, Qobliyah ba'diyah dzuhur) habis sholat wiridan, dll.
  2. Mengingatkan untuk berpuasa secara syariat, mengendalikan hawa nafsu serta menjaga hati.
    Makna surah Al Baqarah Ayat 183 yang menyebutkan bahwa orang beriman diwajibkan untuk berpuasa dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Menjelaskan bahwa kita semua adalah pemimpin, maka dari itu setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya.
  4. Bertaqwa dan menyadari apa yg harus dilakukan serta apa yang harus dihindari. Mengingatkan tentang "Hablumminallah" (hubungan dengan Allah) dan "Hablumminannas" (hubungan dengan sesama manusia) agar kehidupan berjalan dengan baik.
  5. Mengajak untuk menjalankan puasa dan ibadah di Bulan Ramadhan seakan-akan Tahun ini merupakan Ramadhan yang terakhir.

Komentar atas Pengajian Jumat Pagi Demi Meraih Berkah Ramadhan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License