MARI CEGAH POLIO

Administrator 28 September 2019 18:53:29 WIB

Sejak awal tahun 2014, WHO (World Health Organization) telah menyatakan Indonesia sebagai salah satu negara yang bebas dari penyakit ini berkat program vaksinasi polio yang luas, bersama dengan negara lainnya di Asia Tenggara, Pasifik Barat, Eropa, dan AmePolio adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh Poliovirus. Penyakit ini menyerang sistem saraf, dan dapat menyebabkan kelumpuhan total dalam hitungan jam. Virus Polio disebarkan dari orang ke orang, terutama melalui jalur feses ke mulut. Virus masuk ke dalam tubuh melalui jalur oral sampai akhirnya menyerang sistem saraf pusat. Virus ini dikatakan terutama berdampak pada anak-anak.


Polio menyebabkan demam, sakit kepala, muntah, sakit perut, nyeri otot, leher dan punggung kaku, serta kelumpuhan. Sebagian besar pasien akan pulih, tapi pada kasus yang parah, polio dapat menyebabkan cacat permanen hingga kematian.

Vaksinasi merupakan tindakan yang paling efektif dalam mencegah polio. Ada dua jenis vaksin polio: vaksin polio oral yang dimasukkan melalui mulut dan Vaksin Polio Inaktif (IPV) yang diberikan melalui suntikan. IPV sudah digunakan di Program Imunisasi Anak Hong Kong sejak tahun 2007. Vaksin polio memiliki kemungkinan hampir 100 persen secara efektif mencegah polio setelah tiga kali penyuntikan, dan aman bagi orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Efek samping yang umumnya terjadi setelah pemberian suntikan adalah rasa sakit dan kemerahan pada titik penyuntikan. Anak-anak harus diberikan empat dosis vaksin polio, yaitu pada saat mereka berusia 2 bulan, 4 bulan, antara 6–18 bulan, dan yang terakhir adalah pada usia antara 4-6 tahun. Selain anak-anak, orang dewasa juga dianjurkan mendapatkan serangkaian vaksin polio apabila mereka belum pernah divaksinasi atau status vaksinasinya tidak jelas. Dosis vaksinasi polio pada orang dewasa adalah dua dosis pertama dengan jarak waktu antara 4-8 bulan, dan dosis ketiga antara 6-12 bulan setelah pemberian dosis kedua.

Komentar atas MARI CEGAH POLIO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License