PRODUK UNGGULAN MIE DES

Administrator 01 November 2019 10:09:33 WIB

Desa Srihardono adalah daerah pusat kuliner di wilayah kecamatan Pundong dengan produk andalan mie des . Jika berkunjung di Desa Srihardono akan banyak dijumpai warung-warung atau rumah makan yang menjajakan aneka olahan mie des. 

Dinamakan mie des karena rasanya yang pedas dan juga gurih. Biasanya, mie ini dibuat dalam dua warna, ada yang kuning dan putih. Selain itu, berbeda dengan mie pada umumnya, jenis bakmi ini juga memiliki tingkat kekenyalan yang lebih dibandingkan mie pada umumnya. Meskipun kekenyalannya tinggi, bukan berarti menggunakan bahan pengawet, melainkan terbuat dari sari pati ketela. Dan karena tanpa bahan pengawet, mie des hanya bisa bertahan maksimal 24 jam.

Untuk membuat mie ini, prosesnya cukup sederhana. Pertama-tama, ketela yang telah dikupas kemudian diparut lalu diendapkan selama sehari-semalam untuk mendapatkan sari patinya. Langkah selanjutnya, sari pati ketela dijemur sampai menjadi tepung kemudian diencerkan dengan air panas, dibuat adonan hingga kalis kemudian digiling membentuk mie lalu dibumbui dan diberi sedikit minyak goreng supaya tak lengket satu sama lain. Setelah itu, direbus lalu tiriskan hingga dingin.

Selain bisa dinikmati dengan sambal, mie des juga bisa diolah dengan beragam variasi, seperti mie des rebus ataupun dengan toping sayuran dan telur ceplok, bahkan bisa juga dibuat spageti, dan kolak yang manis.

Kelompok usaha mie des sendiri di Desa Srihardono ada dua kelompok usaha, yaitu SRI OCA dan SRI LOKA. Omset produksi mie des setiap harinya mencapai 30-50 kg. Mie des  di Desa Srihardono juga sudah bervariasi. Yang dulunya hanya mie des biasa, sekarang sudah memiliki inovasi berupa mie des kering dengan aneka bumbu masakan, mie des dengan varian buah dan mie pentil dengan berbagai macam olahan. Hal ini yang menjadikan kuliner mie des semakin digemari.

Komentar atas PRODUK UNGGULAN MIE DES

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License