KESENIAN GEJUG LESUNG SENTUNG LESTARI DUSUN NANGSRI

Administrator 01 November 2019 10:32:47 WIB

Kelompok kesenian Gejog Lesung di Desa Srihardono adalah kelompok kesenian Sentung Lestari yang berada di Dusun Nangsri. Gejug Lesung adalah kesenian tradisional berupa permainan instrumen musik perkusi menggunakan alat penumbuk padi tradisional (lesung dan alu/antan). Gejog Lesung dimainkan oleh 4-5 orang atau lebih tergantung besar lesung yang digunakan. Secara bergantian mereka memukuli lesung dengan alu/antan pada bagian atas, samping, tengah, atau tepat pada bagian cekungan sedemikian rupa sehingga menimbulkan suara "thok thek thok thek" bersahut-sahutan yang berirama unik sekaligus indah. Seiring irama pukulan para penabuh lesung dan/atau kelompok lain akan menyanyikan lagu atau tembang Jawa sambil menari. Tembang-tembang yang dilantunkan biasanya bernuansa agraris, seperti Wulung KelalangCaping GunungEmprit Neba, Ayam Ngelik dll.

Kesenian Gejog Lesung Sentung Lestari ini merupakan kesenian tradisional yang lahir dan berkembang di Dusun Nangsri, Desa Srihardono, Pundong, Bantul. Pada akhir 1970-an kesenian ini hanya berupa musik kothekan sampai pada tahun 1985 dibina oleh Bapak S. Kadilan dan diberi tambahan senam pinggul. Pada tahun 2000 kesenian Gejog Lesung Sentung Lestari dibina oleh Didik Nini Thowok, pembinaan ini dilakukan untuk peningkatan dan pengembangan kualitas bentuk penyajian kesenian tradisional kerakyatan. Kesenian ini memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai hiburan, sebagai sarana komunikasi dalam kehidupan sosial, sebagai tambahan penghasilan ekonomi, dan sebagai pelestari budaya.

Komentar atas KESENIAN GEJUG LESUNG SENTUNG LESTARI DUSUN NANGSRI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License