PINTU AIR TANGGUL SUNGAI OPAK

Administrator 08 November 2019 08:23:28 WIB

Sejarah singkat

 Pintu Air ini terletak di Dusun Nangsri, srihardono, Pundong, Bantul. Pintu air di jembatan Nambangan-Nangsri dibuat pada akhir abad 19, pada saat itu Pundong dilanda banjir besar akibat luapan Sungai Opak. Akibatnya ribuan rumah terendam banjir dan rusak. Pada Saat itu, Sri Sultan Hamengkubuwono IX merencanakan pembuatan tanggul raksasa di pinggir Sungai Opak. Sejak tanggul selesai dikerjakan, kawasan pundong terbebas dari banjir. Tanggul ini memanjang dari kawasan Bendungan Tegal hingga Jembatan Kretek. Lebar tanggul hampir 1,5 meter dengan tinggi 3 meter.

 

   Fungsi dari pintu air di tanggul Kali Opak Dusun Nangsri adalah ditutup apabila Sungai Opak banjir dan meluap sampai setinggi tanggul tersebut. Namun saat ini karena kondisi sungai yang dalam, menjadikan fungsi pintu air tersebut sudah tidak pernah digunakan sejak tahun 1980.

 

  

Komentar atas PINTU AIR TANGGUL SUNGAI OPAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License