BUDAYA MERTI DUSUN

Administrator 09 November 2019 22:44:04 WIB

Desa Srihardono memiliki kebudayaan yaitu Upacara tradisional bersih dusun yang lebih dikenal dengan istilah 'Merti Dusun', dengan berbagai rangkaian acara dimana acara puncaknya adalah Kirab Budaya. Tradisi ini dilakukan hampir di semua Dusun yang ada di Desa SRihardono. 

Acara merti dusun biasanya dilaksanakan pada bulan Suro atau pada momen-moment tertentu yang menjadi ketentuan di setiap Dusun. Tradisi ini merupakan salah satu bentuk syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan berkat serta rezeki. Salah satu bentuk ucapan syukur tersebut di wujudkan dengan adanya gunungan yang berisi berbagai hasil bumi, seperti sayuran dan buah-buahan yang diarak mengelilingi kampung yang nantinya akan di perebutkan masyarakat.

Peserta kirab budaya dalam merti dusun menampilkan berbagai kesenian dan kreasi yang terbaik. Barisan prajurit atau bregodo turut memeriahkan kirab budaya ini, lalu ada barisan ibu-ibu berdandan menggunakan kebaya dan berkain jarik sambil meggendong bakul yang berisi hasil bumi.

Komentar atas BUDAYA MERTI DUSUN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License